Cara Meningkatkan Vocabulary dalam Bahasa Inggris

4 Cara Meningkatkan Vocabulary dalam Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Vocabulary dalam Bahasa Inggris. Dengan dunia yang semakin tidak terbatas oleh batas-batas fisik, tentu bahasa Inggris menjadi kebutuhan yang wajib dikuasai oleh siapapun. Hal ini tidak lepas dari bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang digunakan oleh berbagai bangsa untuk berkomunikasi. 

Menguasai bahasa Inggris memang menantang. Bahasa yang asing terdengar di telinga orang Indonesia dan kata-kata atau vocabulary yang teramat banyaknya menjadi alasan kenapa bahasa Inggris memerlukan usaha khusus untuk menguasainya dengan baik.

Tapi jangan khawatir karena ada berbagai cara yang bisa diterapkan untuk menguasai berbagai vocabulary dalam bahasa Inggris dengan baik. Kira-kira apa saja cara-cara yang bisa diterapkan dalam menguasai berbagai vocabulary bahasa Inggris? Yuk, simak ulasan berikut ini!

  1. Perbanyak Membaca Teks Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Vocabulary dalam Bahasa Inggris. Untuk menambah vocabulary bahasa Inggris, hal paling awal yang perlu dilakukan tentunya adalah dengan menambah interaksi antara kita dengan bahasa Inggris. Salah satu medium untuk meningkatkan interaksi itu adalah dengan membaca.

Membaca teks berbahasa Inggris dapat membiasakan mata dan mulut untuk mengingat dan membaca teks berbahasa Inggris. Ada banyak teks yang bisa dipakai untuk menghafal vocabulary, seperti buku, artikel, maupun koran.

Dalam membaca teks berbahasa Inggris, akan banyak tantangan yang dialami. Salah satunya adalah dengan banyaknya kata-kata yang tidak dipahami apa artinya. Agar vocabulary bertambah, kamu bisa memakai kamu atau tesaurus untuk mencari arti kata-kata yang misterius itu.

Setiap vocabulary baru yang dipelajari dicatat bersama artinya. Vocabulary itu lalu dihafalkan dengan dibaca berulang kali. Jangan lupa untuk menambahkan sinonim dari masing-masing vocabulary agar pilihan  katamu semakin banyak. Selain menambah sinonim, memahami arti masing-masing kata dengan konteks nya yang khusus akan banyak membuat kata mudah dipahami bedasarkan konteks situasi tertentu.

Terus asah kemampuan menghafal vocabulary dengan memasang target berapa teks berbahasa Inggris yang akan dibaca dalam satu hari. 

  1. Mendengarkan Apapun yang Berbahasa Inggris

Di era kontemporer ini, media sudah beraneka ragam. Ada banyak media yang bisa diakses dan hampir semuanya menyediakan konten berbahasa Inggris. Di antara berbagai jenis konten, kamu bias mendengarkan podcast, audiobook, sampai video yang disajikan dalam bahasa Inggris.

Dengan berlatih mendengarkan orang berbicara dalam bahasa Inggris, kamu mempelajari teknik berbicara  penutur asli bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mendengarkan penutur asli berbicara, kamu bisa memahami logat dan bahkan slang (kata-kata khas yang tidak resmi) yang biasa dipakai dalam komunikasi verbal.

Hal yang paling penting dalam mendengar adalah memahami bagaimana suatu kata diucapkan dengan benar. Sebagaimana dalam setiap bahasa, bahasa Inggris tidak bisa sembarang diucapkan. Agar pengucapaan atau pronunciation yang dipraktikkan tepat, perhatikan dan praktikkan dengan detail bagaimana si pembicara berbicara. 

Sama seperti teknik membaca, mendengarkan bahasa Inggris juga harus dibiasakan dengan mencatat. Catatlah vocabulary yang belum dipahami untuk menambah kosakata yang ingin dikuasai.  

Cara Meningkatkan Vocabulary dalam Bahasa Inggris. Setelah mendengarkan, coba praktekkan teknik berbicara yang dipelajari dengan berhati-hati dan teliti agar teknik berbicaramu terus terasah dan memiliki kualitas yang baik. Praktek juga membantu untuk mengingat-ingat vocabulary yang dipelajari sekaligus belajar agar tidak blank ketika berbicara.

  1. Menulis Tulisan Berbahasa Inggris

Cara Meningkatkan Vocabulary dalam Bahasa Inggris. Untuk menjelikan pikiran, menulis adalah metode belajar andalan yang bisa diterapkan dalam menambah kekayaan vocabulary. Dengan menulis, kamu bisa mengekspresikkan idemu dengan cara menerapkan kata-kata dalam bahasa Inggris di tulisan.

Menulis dengan bahasa Inggris adalah praktik yang khusus. Ia berbeda dengan sekadar berbicara yang grammar atau susunan bahasanya longgar. Dalam menulis, kamu harus menyusun kata-kata sesuai dengan grammar yang formal, sehingga tulisan akan dengan mudah dapat dibaca. Jika tulisan ditulis dengan susunan grammar yang salah, maka tulisan akan sulit dibaca dan terdengar rancu. Karena alasan-alasan tersebut, praktik menulis memerlukan latihan tersendiri. 

Menulis dalam bahasa Inggris pun penting untuk keperluan kerja nanti. Menulis dalam bahasa Inggris diperlukan ketika berinteraksi dengan partner maupun client dari luar negeri. Dengan kemampuan menulis bahasa Inggris dengan baik, kamu mampu membuat berbagai produk tulisan penting yang ditujukan kepada orang luar negeri.

Agar hasil latihanmu bagus, terapkanlah vocabulary-vocabulary yang baru dipelajari ke dalam tulisanmu. Vocabulary yang sudah dihafal akan semakin tertanam di otak ketika kamu menerapkannya di dalam tulisan. Selain itu, kamu juga akan mempelajari penggunaan kosakata dalam konteks situasi tertentu di dalam bahasa tertulis. Agar tulisan enak dibaca, kamu juga akan ditantang untuk belajar menulis sesuai grammar yang berlaku. Grammar harus dihafal untuk membuat tulisan yang sesuai dengan konteks waktu dan situasi, seperti past tense, present tense, maupun continuous tense.

Jangan lupa untuk meminta orang lain untuk membaca tulisanmu untuk mendapatkan pesan timbal balik. Temanmu bisa memberikan ulasan atas hasil kualitas tulisan berbahasa Inggris mu. Dari ulasan tersebut, kamu bisa belajar kira-kira hal apa yang harus ditingkatkan dari teknik menulismu.

  1. Berbicara dengan Bahasa Inggris

Berbicara dengan bahasa Inggris memang terdengar asing buat kita yang dari kecil berbicara dengan bahasa Indonesia atau bahasa daerah. Karenanya, ketika mencoba mempraktikkan bahasa asing, rasanya akan terdengar aneh pada awalnya. 

Sebagai pemula, berbicara secara terbata-bata, gugup, lupa vocabulary, atau salah teknik pengucapan menjadi hal yang biasa terjadi. Oleh karena itu, mengasah kebiasaan berbicara dalam bahasa Inggris menjadi satu-satunya cara yang bisa diterapkan untuk mampu mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan lancar.

Belajar berbicara dalam bahasa Inggris dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melakukan monolog. Kamu bisa latihan berbicara dengan melihat diri sendiri di cermin. Cara monolog lainnya bisa dilakukan dengan merekam monolog kamu dan mendengarkannya kembali untuk melakukan evaluasi. Ambillah topik tertentu untuk kamu monologkan.

Cara lain yang patut dicoba adalah dengan melakukan dialog dengan satu atau lebih orang. Dialog membantu kamu mendapatkan balasan dalam pembicaraan. Melalui dialog, kamu akan berlatih cepat untuk memikirkan respon yang tepat dalamm menanggapi pembicaraan lawan bicaramu. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari cara lawan bicara mengucapkan vocabulary untuk menambah kemampuan dirimu berbicara.

Latihan bicara ini bisa dilakukan dengan pembicara non-native maupun native. Untuk hasil yang lebih maksimal, praktek bersama pembicara native tentu akan memberikan banyak pengetahuan baru tentang teknik berbicara yang baik dan benar tentang bahasa Inggris.

Les Bahasa Inggris Online untuk Tingkatkan Vocabulary dengan pasti

Itulah empat cara meningkatkan vocabulary dalam berbahasa Inggris. Dengan latihan yang maksimal dan efektif, bahasa Inggris dapat dengan mudah dipelajari. Menghafal dan menggunakan dengan baik vocabulary bahasa Inggris adalah dasar dari belajar bahasa Inggris karena bagian ini adalah teknik dasar untuk memahami seluruh struktur bahasa Inggris.

Biar belajar bahasa Inggrismu semakin baik, kamu bisa mengikuti les bahasa Inggris online yang banyak tersedia di Indonesia. Salah satu yang paling keren dan bereputasi tentunya adalah Full Bright Indonesia. Lembaga les bahasa Inggris ini melayani les TOEFL dan IELTS yang dibutuhkan untuk persyaratan kerja maupun beasiswa pendidikan tinggi. 

Full Bright Indonesia pun juga diisi oleh para mentor yang telah menyelesaikan S2 pendidikan atau sastra Inggris di universitas luar negeri. Para mentor pun juga sudah berpengalaman selama 8-12 tahun meneliti TOEFL. Yuk, segera daftarkan dirimu di kursus toefl online. Kamu juga bisa menghubungi nomor Whatsapp wa.me/6285255499299.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *