PERTANYAAN SEPUTAR PROGRAM GENERAL ENGLISH

(Speaking English for Professional / Adults)

Q : Apa itu program General English?

A : Program General English ini dirancang khusus untuk Peserta yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka khususnya 

kemampuan bercakap dalam bahasa Inggris (Belajar 70% Materi Conversation / Speaking).

Program ini juga belajar 30 % materi seperti Grammar, Listening, Reading, dan Writing.

Q : Ada berapa Level yang disediakan di Program General English ini?

A : Ada 3 Level yaitu :

Level 1 : Basic.
Level 2 : Pre-Intermediate
Level 3 : Intermediate.

Q : Berapa biaya dan lama belajar tiap levelnya ?

A : Kelas intensif 1 bulan tiap levelnya.

Biaya Total Rp820.000,-
(sdh termasuk uang pendaftaran, buku modul, placement test, dan Sertifikat EPT)

Adapun jadwal belajarnya masuk setiap hari dari Senin s/d Jumat.
Total 20 kali pertemuan. Durasi 90 menit per pertemuan.

Q : Bagaimana cara penentuan Level General English seseorang jika ingin mengikuti kelas?

A : Siswa akan diberikan Placement Test terlebih dahulu untuk penentuan Level Program yang akan dipilih. Ada 2 Kemampuan yang diujikan untuk General English yaitu  tes tertulis pilihan ganda (Grammar Skills 20%) dan tes berbicara bahasa Inggris (Speaking Test 80%).

Q : Apakah bisa mengambil kursus 1 level saja ?

A : Bisa. Tidak ada paksaan harus mengambil 2 level atau 3 level. Karena biaya kursus ini bisa dibayar 1 level saja sesuai level yang ingin didaftar.

Q : Apakah ada paket/biaya lebih hemat jika kita mengambil langsung 2 level atau 3 level?

A : Ada. Biaya bayar sekaligus untuk 2 level hanya Rp1.400.000,-

Sedangkan Biaya bayar sekaligus 3 level hanya Rp2.100.00,-

Q : Apa yang dipelajari di Level Basic ?

A : Siswa akan diajarkan langsung materi berbicara bahasa Inggris (Speaking Skills) mulai dari dasar cara pengucapan kata atau kalimat (Pronouciation), peningkatan kosakata (Vocabularies), memperkenalkan diri, teman/keluarga, Percakapan sehari-hari yang sering digunakan di lingkungan rumah (Daily Conversation) juga percakapan di ruang umum misal di Kampus, Kantor, Mall, Bandara,dll.,  menceritakan hobi /aktivitas sehari-hari (Daily Activities), serta mampu mendeskripsikan benda atau orang (Describe Things).

Di Level Basic juga belajar materi grammar-grammar dasar bahasa Inggris hanya 20% seperti pengenalan kelas-kelas kata serta fungsinya (Part of Speech) seperti kata sifat (Adjective), kata benda (Singular and Plural Noun/Countable and Uncountable Noun), kata keterangan (Adverb of Place and Time), Subject Pronouns, Object Pronouns,  Active Tenses (Present, Past & Future), Question Word, serta Perbandingan (Comparative Degree).

Di Level Basic juga belajar sebanyak 10% kemampuan Listening dan Reading.

Q : Apa yang dipelajari dikelas Pre-Intermediate ?

A : Kelas Pre-Intermediate ini adalah kelas lanjutan dari Level Basic. 

Jadi kemampuan seseorang yang ingin masuk dikelas pre-intermediate ini DINYATAKAN sudah LULUS menguasai, mengerti dan paham semua materi yang ada di Level Basic karena dikhawatirkan siswa akan kewalahan mengikuti materi yang ada di kelas ini.

Di Kelas ini siswa wajib menggunakan bahasa Inggris 70% untuk berkomunikasi di kelas. Hanya diperbolehkan menggunakan Bahasa Indonesia 30% berkomunikasi sesama siswa atau pada guru yang ada di kelas.

Adapun Pembagian materinya Speaking 70% : Grammar 20% : Listening Reading 10%

 Materi Speaking seperti menceritakan pengalaman dan peristiwa secara detail, mendekripsikan impian atau harapan secara lengkap, memberikan alasan atau tanggapan atas sebuah topik diskusi misal berita yang lagi hangat saat ini, serta meyampaikan pendapat (argumen) dengan baik dan benar.

Materi Grammar seperti Possessive PronounsModals, Passive Voice, Active & Passive Tenses (Perfect Tense, Future Perfect, etc), Noun Phrase, Noun Clause, Adjective Clause, Gerund, To-Infinitive dan Reported Speech.

Q : Apa yang dipelajari dikelas Intermediate ?

A : Kelas ini Lanjutan dari Kelas Basic dan Pre-Intermediate, dimana Anda telah mencapai kemajuan besar dalam bercakap dalam bahasa Inggris. Anda sudah mampu berkomunikasi 80-90% menggunakan bahasa Inggris baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah maupun di lingkungan kerja. Materi Speaking akan lebih fokus pada presentasi, debat dengan topik – topik hangat yang lagi viral, melakukan wawancara kerja (Job Interview), berbicara tentang gaya hidup pribadi dan profesional, termasuk gambaran kehidupan Anda di tempat kerja, serta menggunakan bahasa Inggris yang sesuai dalam situasi sosial, serta penggunaan beberapa Idiom yang sering digunakan.

Materi Grammar seperti Phrasa Verb, conditional sentences, present participle, past participle, pengenalan materi tes TOEFL (Listening, Structure and Written Expression, Reading), serta pengenalan Writing Task 1 IELTS yaitu Anda akan diberikan soal berdasarkan gambar bagan dalam topik tertentu, menulis esai deskriptif yang menerangkan bagan tersebut. Gambar bagan dapat berupa grafik batang, grafik garis, diagram lingkaran, tabel, peta,  Anda perlu membahas isi informasi dalam bagan tersebut, menganalisa tren atau perubahan yang terjadi, dan membandingkan data.

Q : Apakah masih ada Level setelah Intermediate program General English ini?

A : Ya Masih ada yaitu Level Upper-Intermediate dan Level Advance. Tapi kami tidak membuka kedua level ini di Program General English karena kami langsung mengarahkan dan menyarankan siswa untuk mengambil program TOEFL atau IELTS saja.