PERTANYAAN TENTANG TES & KURSUS TOEFL

Q : Apa itu Tes TOEFL ITP ?

A : Tes TOEFL ITP adalah salah satu jenis tes yang dikeluarkan oleh ETS Amerika untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dengan menguji kemampuan Listening, Structure & Written Expression, dan Reading. 

Format soal Tes TOEFL ITP ini adalah Pilihan Ganda (Multiple Choices).

Q : Apa kegunaan sertifikat TOEFL ITP ?

A : Sertifikat TOEFL ITP bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa dalam atau luar negeri seperti beasiswa LPDP, beasiswa Australian Awards, beasiswa Stuned Belanda, dll.

Sertifikat TOEFL juga bisa digunakan untuk persyaratan berkas melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan swasta (private company), BUMN seperti PT Pertamina, PT Telkom, PT PLN, dll.

Selain itu, sertifikat TOEFL juga digunakan untuk kenaikan pangkat/jabatan di Perusahaan, syarat kelulusan/ujian sidang skripsi atau tesis di beberapa Universitas yang mensyaratkan, dan menjadi syarat berkas mendaftar lanjut kuliah S2/S3 di kampus-kampus ternama di dalam dan luar negeri.   

Q : Berapa rentang skor tes TOEFL ITP ?

A : Skor tes TOEFL ITP antara 310 – 677.

Q : Berapa jumlah soal tes TOEFL ITP dan Berapa lama waktu pengerjaan soal untuk masing-masing section ??

A : Section I : Listening Comprehension = 50 Soal (35 Minutes)

     Section II : Structure & Written Expressions = 40 Soal (25 Minutes)

     Section III : Reading Comprehension = 50 Soal (55 Minutes)

      Total 140 Soal

Q : Apa jenis-jenis sertifikat TOEFL yang dikeluarkan oleh Full Bright Institute?

A : Kami bekerjasama dengan Indonesian International Education Foundation (IIEF) JAKARTA mengadakan tes TOEFL ITP resmi dari ETS Amerika sehingga sertifikat yang didapatkan berlaku nasional dan internasional. Biaya tes TOEFL ITP ini sebesar Rp600.000,- (sudah termasuk sertifikat)

Kami juga mengadakan tes TOEFL-Like yang biasa juga disebut tes TOEFL (Tidak tertulis TOEFL ITP) atau TOEFL Prediction atau English Proficiency Test (EPT). Biaya tes TOEFL ini sebesar Rp150.000,- (sudah termasuk sertifikat institusional dari Full Bright Institute).

Q : Apa Bedanya Sertifikat TOEFL ITP dengan Sertifikat TOEFL/TOEFL Prediction/EPT ?

A : Pertama yang harus diketahui bahwa format tes TOEFL ITP ini sama saja dengan format tes TOEFL/Prediction/EPT karena soal yang digunakan di Tes TOEFL/Prediction itu sendiri berasal dari soal-soal TOEFL ITP dan juga sama-sama soalnya menggunakan kertas (PBT) serta format penilaian nya pun sama juga dari skala 310 – 677.

Bedanya hanya di Institusi yang mengeluarkan Sertifikatnya.

Jadi kalau TOEFL ITP itu sertifikatnya resmi dari ETS America yang bekerjasama dengan IIEF Jakarta khusus di Indonesia, dan kami di Full Bright Institute juga bekerjasama dengan IIEF Jakarta untuk mengadakan dan mengeluarkan sertifikat TOEFL ITP resmi ini.

Adapun sertifikat TOEFL/TOEFL Prediction itu dikeluarkan oleh Lembaga Kursus seperti kami di Full Bright Institute atau Lembaga bahasa di Universitas yang tidak ada logo tertulis dari ETS America.

Kesimpulan : Kami mengeluarkan 2 jenis sertifikat baik sertifikat TOEFL ITP maupun sertifikat TOEFL (TOEFL Prediction/EPT).

Q : Dimana biasanya digunakan sertifikat TOEFL (TOEFL Prediction) ?

A : Sertifikat TOEFL (TOEFL Prediction) biasanya digunakan untuk syarat berkas melamar pekerjaan misal di BUMN (PT Telkom, PT PLN, PT Angkasa Pura, dll) atau di Perusahaan Swasta. Bisa juga dipakai syarat kelulusan ujian skripsi S1. Bahkan Sertifikat TOEFL Prediction ini bisa digunakan mendaftar CPNS di beberapa kementerian.

Contoh Pengumuman Lamaran Kerja yang bisa menggunakan Sertifikat TEOFL (TOEFL Prediction)

Tapi kalau ingin mendaftar Beasiswa, sertifikat TOEFL Prediction jarang diterima karena rata-rata syarat Beasiswa menggunakan Sertifikat TOEFL ITP dari ETS misal beasiswa LPDP, Australian Awards Sholarship, beasiswa Turki, dll.

Contoh pengumuman info Beasiswa LPDP yang jelas tertulis “TOEFL ITP” berarti mensyaratkan sertifikat TOEFL ITP dari ETS

Q : Hari/Tanggal apa saja jadwal tes TOEFL ITP dan Tes TOEFL Prediction tiap bulan?

A : Jadwal Tes TOEFL ITP ini biasanya diadakan 1-2 kali saja setiap bulan di hari sabtu jam 8 – 10.30 pagi. Adapun tanggal tesnya biasanya baru keluar di Akhir atau di Awal bulan setiap bulannya. Karena Jadwal ini dikeluarkan oleh IIEF Jakarta jadi pendaftaran harus dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum tes, itupun jika memang kuota belum penuh.

Sedangkan jadwal tes TOEFL/TOEFL Prediction bisa diadakan setiap hari Senin s/d Jumat jam 10 pagi atau di hari sabtu jam 8 pagi. Tes TOEFL ini bisa langsung tes walau hanya 1 orang, dan sertifikatnya bisa langsung jadi di sore harinya pada saat tes paginya.

Q : Berapa lama kursus persiapan tes TOEFL ITP di Full Bright Institute ?

A : Kursus TOEFL di Full Bright Institute cenderung sangat singkat sekitar 1 – 2 bulan saja. Sebelum seseorang mengambil kursus TOEFL, kami memberikan Placement Test terlebih dahulu gunanya untuk mengetahui skor awal seseorang dan menentukan apakah calon siswa tersebut sudah layak diikutkan di kelas TOEFL. Karena syarat utama untuk masuk di kelas TOEFL adalah kemampuan siswa sudah berada minimal di level Intermediate (General English).

Q : Ada berapa tingkatan level kelas TOEFL di Full Bright Institute ?

A : Ada 3 Level sesuai dengan target skor TOEFL seseorang yaitu 

1. Level Starter.
2. Level Intermediate.
3. Level Advance.

Q : Berapa biaya dan lama belajar tiap levelnya ?

A : Kelas intensif 1 bulan tiap levelnya.

Biaya Total Rp1.420.000,-
(sdh termasuk uang pendaftaran, buku modul, placement test, simulasi full test 3 kali, dan Sertifikat EPT)

Adapun jadwal belajarnya masuk setiap hari dari Senin s/d Jumat.
Total 20 kali pertemuan. Durasi 90 menit per pertemuan.

*Khusus Kelas TOEFL Level Advance lama belajarnya hanya 2 minggu. (Total 10 kali pertemuan)

Q : Bagaimana cara penentuan Level kelas TOEFL seseorang jika ingin mengikuti kelas?

A : Siswa akan diberikan Placement Test terlebih dahulu untuk penentuan Level Program yang akan dipilih. Ada 3 Kemampuan yang diujikan yaitu  Listening , Structure/Written Expression, dan Reading. Siswa akan ditempatkan berdasarkan nilai awal yang diperoleh dari placement test ini.

Q : Apakah bisa mengambil kursus 1 level saja ?

A : Bisa. Tidak ada paksaan harus mengambil 2 level atau 3 level. Karena biaya kursus ini bisa dibayar 1 level saja sesuai level yang ingin didaftar.

Q : Apakah ada paket/biaya lebih hemat jika kita mengambil langsung 2 level atau 3 level?

A : Ada. Biaya bayar sekaligus untuk 2 level hanya Rp2.400.000,-

Sedangkan Biaya bayar sekaligus 3 level hanya Rp3.000.00,-

Q : Apa itu kelas TOEFL Level Starter?

Program kelas ini didesain khusus untuk seseorang yang ingin belajar TOEFL dari awal apabila hasil placement test TOEFL seseorang skor nya berada antara 350 – 400.

Target skor setelah mengikuti program ini adalah 450+.

Lama Belajar 1 bulan intensif dari Senin s/d Jumat.

Materi yang diajarkan adalah dasar-dasar grammar bahasa Inggris seperti kelas-kelas kata serta fungsinya (Part of Speech) seperti kata sifat (Adjective), kata benda (Singular and Plural Noun/Countable and Uncountable Noun), kata keterangan (Adverb of Place and Time), Subject Pronouns, Object Pronouns,  Active Tenses (Present, Past & Future), Question Word, Perbandingan (Comparative Degree), Possessive PronounsModals, Passive Voice, Passive Tenses (Perfect Tense, Future Perfect, etc), Noun Phrase, pengenalan Noun Clause dan Adjective Clause, Gerund, dan To-Infinitive. Soal-soal yang digunakan adalah langsung soal-soal TOEFL Structure & Written Expressions. Kelas TOEFL Starter juga diajarkan materi Listening Part A (short Conversation) dan Reading Skills seperti Main Idea, Detail Informations, Synonims dan Refers To.

Q: Apa itu kelas TOEFL Level Intermediate?

Program ini yang menjadi fokus utama seseorang untuk mencapai skor TOEFL 500+.

Program ini didesain untuk seseorang yang ingin belajar TOEFL dan orang tersebut sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris di level Intermediate ke atas. Dengan kata lain, Hasil Placement Test TOEFL nya sudah diatas skor 420 – 460.

Adapun target skor setelah mengikuti program ini adalah skor 500+.

Lama belajar 1 bulan intensif Senin s/d Jumat, plus Hari Sabtu masuk Progress Test (tidak wajib) untuk membiasakan siswa mengerjakan soal-soal TOEFL dan melihat peningkatan skor nya tiap pekan.

Materi yang diajarkan langsung materi dan soal-soal TOEFL ITP yaitu Structure seperti Sentences with one clause, Sentences with multiple clauses, Sentences with reduced clauses, Sentences with inverted Subjects and Verbs, Materi Written Expression seperti Subject Verb Agreement, parallel structure, comparatives and superlatives, Form of the verb, Use of the verb, Passive Verb & Noun, serta materi Listening, dan Reading.

Q : Apa itu kelas TOEFL Level Advance ?

A : Program ini adalah level paling tinggi untuk belajar Tes TOEFL karena

Target Skor kelas ini yaitu 550+.

Kelas ini adalah kelas lanjutan dari kelas TOEFL Level Intermediate, jadi kelas ini adalah kelas pilihan jika seseorang ingin mempelajari lebih banyak lagi soal-soal TOEFL karena di kelas ini langsung pembahasan soal-soal.

Q : Apakah seseorang bisa langsung masuk kelas TOEFL Advance tanpa melewati kelas TOEFL level Intermediate ?

A : Bisa dengan syarat masuk kelas ini adalah nilai placement test TOEFL minimal skor 510 karena target skor setelah mengikuti kelas ini 550+.

Q : Bisakah ikut langsung Tes TOEFL ITP tanpa ikut kursus terlebih dahulu di Full Bright Institute ?

A : Bisa. Biayanya Rp600.000,-